Matematika Diskret I

27 11 2007

Sekarang mw sedikit nyeritain ttg satu lagi mata kuliah di semester I ini, Matematika Diskret I. Matematika Diskret I, kok ada I-nya? Jawabannya karena ada Matematika Diskret II.. (alah…)

Yg dipelajari di MD I ini pertama-tama Logika proposisi, Logika predikat, dan Metode pembuktian.
Bisa dibilang lanjutan dari Bab Logika Matematika waktu SMA dulu, yg ada Modus Ponen, Modus Tollens, sama Silogisme. Trus diajarin lg banyak sifat tambahan & sifat2 baru. Akhirnya klo udah belajar ini, kita bisa mengubah suatu kalimat ke dalam ekspresi matematika, kemudian bisa juga membuktikan suatu kalimat itu bisa benar, bisa salah, selalu benar, selalu salah, atau yg lainnya…

Trus selanjutnya belajar Teori himpunan, Fungsi, Barisan, Deret, Pertumbuhan fungsi, juga lanjutan dari Bab Himpunan dan Bab Fungsi waktu SMA dulu. Perbedaannya, ttg Himpunan domain-kodomain-rangenya lebih luas dan bisa aneh2, ditambah beberapa istilah tambahan, aleph null, continum, dll.. Fungsi juga operasi/perlakuannya lebih banyak, istilah2 barunya seperti bijektif, injektif, surejektif.

Lalu, belajar juga Induksi Matematik dan sekarang ini lagi sampai Bab Teori bilangan.

Seperti biasa, biar ada visualisasiny:

Advertisements




Programming With C Language

23 11 2007

Nah, sekarang mw nyeritain ttg mata kuliah favorit gw di semester ini!!
Kenapa favorit? Karena emang suku ngoding & untungnya udah belajar dari SMA.
Walaupun bahasa yg pertama kali gw pelajari Pascal, tapi ternyata klo udah nguasain suatu bahasa pemrograman ngga terlalu susah migrasi-nya ke bahasa yg lain, asalkan dalam satu keluarga(misalnya bahasa pemrograman yg terstruktur, functional programming, atau dari jenis lainnya(Cobol->bisnis, Fortran->rumus2, dll)). Klo C ini masuk yg keluarga pemrograman terstruktur.

Apa aja yg diajarin di mata kuliah ini? Topik-topik yang udah dibahas sama dosen gw: Pengenalan komputer dan pemrograman. Elemen-elemen dasar bahasa C, termasuk: ekspresi, variabel, statement, method, tipe-tipe data primitif, dan pengenalan konsep struct. Struktur decision: if, switch, ekspresi Boolean. Struktur iterasi: while, for, do, nested loop. Method: parameter passing, static methods, return statement, static variables, recursion, scope, variable lifetime. Testing dan debugging. Searching: linear search, binary search. Sorting: selection sort, merge sort, quick sort. Struktur data sederhana: linked-list, stack, queue.

Setiap minggu ada Tutorial di lab, kita diminta bikin beberapa program yg spesifikasinya dah ditentuin, waktu yg disediain biasanya 2 jam. Sekarang dah Tutorial yg ke-9,,
Salah satu program hasil tutorial(Binary Search):

Trus di satu semester ini ada 4 Tugas, tugas pemrograman/problem solving yg lebih susah dan klo jadi nanti didemoin ke Asisten masing2. Sekarang dah nyampe tugas ke-3, ttg Maze Traversal, Program kaya’ game untuk mencari jalan keluar dari suatu maze/labirin.
Menunggu tugas ke-4…..semoga ngga terlalu susah ^^

Klo Ujian, kemaren udah Ujian yang ke-2..wuih…makin lama makin susah soalnya,, UAS nanti kaya’ apa ya soalnya? Dan ternyata..jadwal UAS udah ada!!
selama 5 hari berturut turut mata kuliah gw ada semua! dari hari Senin-Jum’at!!
Hiks3x.. padahal waktu SMA dulu merasa bakal enak, kuliah nanti ujiannya biasanya 2 hari sekali atau bahkan 3 hari sekali, jadi ada hari yg bisa digunain bwt ngerekap belajar alias sistem kebut sehari… 😛
Tapi ternyata skrg sama aja, setiap hari ada jadwalnya. Y udah, minta bantuan do’anya aja ya…





About Introduction to Digital System

15 11 2007

Seperti yg dah gw tulis diatas, Introduction to Digital System alias Pengantar Sistem Digital a.k.a. PSD ini memperkenalkan rancangan perangkat keras sistem digital dan komputer digital.
Bahasan awal bangetnya ttg sistem bilangan biner; dasar rangkaian digital: logika biner, gerbang logika, aljabar Boolean, bentuk standar fungsi Boolean, representasi, penyederhanaan dan manipulasi fungsi Boolean dengan Karnaugh-Map; Rangkaian kombinasi: prosedur analisis & perancangan rangkaian kombinasi, rangkaian aritmatika, decoder, multiplexer;
Dan sekarang lagi belajar rangkaian sekuensial: latch, flip-flop, characteristic table, excitation table, state table, state diagram, propagation delay, analisis dan perancangan rangkaian sekuensial;
Dibawah ini, gambar beberapa rangkaian tugas-tugas lab..software-nya pake EWB/Multisim 9 namanya,, (EWB=Electronic Work Bench)
Read the rest of this entry »





The 2nd Winner Best Online Learning “e-Learning Award 2007”

12 11 2007

Taken from : Scele

SCELE Fasilkom UI meraih posisi kedua di bawah Universitas Terbuka untuk kategori Best Online Learning pada e-Learning Award 2007. Event ini merupakan hasil kerjasama antara Majalah SWA dan Pustekkom Depdiknas. Keputusan tersebut diumumkan pada Malam Penganugerahan yang diadakan di Hotel Shangri-La tanggal 8 November 2007. Best Online Leaning untuk kategori perusahaan diraih oleh Garuda Indonesia.

Secara umum, penilaian kategori Best Online Learning ditentukan oleh kualitas aktivitas belajar mengajar yang difasilitasi oleh sistem pembelajaran online (biasa dikenal dengan sebutan Learning Management System). Tanpa mempertimbangkan jenis LMS-nya, apakah merupakan produk proprietary, hasil mengembangkan sendiri, menggunakan full open source, atau melakukan modifikasi open source. Karena tidak ada jaminan, walaupun membeli produk, proses pembelajaran secara online akan berjalan. Bahkan AFAIK, best online learning kategori perusahaan, Garuda Indonesia juga membangun sistemnya berdasarkan sistem open source (lihat SWA magazine).

Selain itu, disini juga dipertimbangkan jumlah dan variasi pengguna serta jumlah course dan bahan ajar online yang disediakan institusi. Kemungkinan besar UT memiliki kelebihan di sini (tentu fitur-fitur lain yang mungkin juga lebih terintegrasi). FYI, juara ketiga dipegang FMIPA UGM.

Btw, di level UI (scele.ui.edu) sebenarnya SCeLE sudah diimplementasikan. Namun penggunaannya masih bersifat sukarela (terbatas pada dosen yang berminat). Menariknya dari segi jumlah mahasiswa yang registrasi sudah mencapai sekitar 1174 pengguna (dengan fasilitas single sign on).

Dari segi fasilitas, ‘mimpi’ kami SCeLE bisa integrated dengan layanan SIAK, memiliki fasilitas sharing resources (learning object materials) antar fakultas, mengakomodir perbedaan gaya belajar mahasiswa, dsb.

Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk menyelesaikan KP, SP, atau TA di bidang e-Learning, silakan menghubungi tim DL2 (scele@cs.ui.ac.id). Insya Allah ada topik-topik yang bisa dikerjakan smile.

Menarik apa yang dikatakan John Chambers, Chief Executive Officer – Cisco Systems pada Konferensi COMDEX ’99, The next big killer application for the Internet is going to be education. Education over the Internet is going to be so big it is going to make e-mail look like a rounding error..”

Yeah… Scele’s Rock!!!

Ni gw kasih screenshotnya: (Klo gambarnya kepotong, klik aja disini)





Seminggu yang cukup berat..

8 11 2007

Minggu depan bisa dibilang minggu yg cukup berat..banyak banget deadline tugas ditambah ujian. Dan itu semua terjadi secara beruntun!!!

Mulai hari Sabtu besok, 10 Nov, Gw harus ikut 3 acara : Seleksi TRUI di FT, Acara Salam UI FPsikologi, dan Acara Sabtu Ceria Fasilkom di Fasilkom.

Gw cuman punya hari Minggu yang harus bener2 dimanfaatkan bwt ngerjain tugas+belajar!

Dari hari Senin, bakal ada Tutorial DDP dengan soal yg semakin susah…
Selanjutnya, hari Selasa ada 3 deadline+1 Ujian:

Deadline LTM 5 MPKT, PR 4 MD1, Tugas Lab 4 PSD (Flip-Flop + Modulo… padahal tadi baru diajarin dikit dikelas), dan ada Ujian 2 DDP!!

Hari Rabunya…Presentasi B. Inggris (Yang presentase nilainya 30% dari nilai akhir nanti!)

Hari Kamis, Ujian 2 MD1!!, harus belajar…belajar…belajar…
Ujian yang pertama kemaren kacau soalnya..TT

Hari Jum’at deadline Tugas 3 DDP (2D Maze-Traversal-Game)

Dan minggu depan diakhiri dengan Tugas 3 PSD…soal essay yg membingungkan.

Fiuhhh,,, minta do’anya aja y. Semoga semuanya bisa gw lalui dengan baik… ^^





Spam yang aneh…

6 11 2007

Semakin hari semakin banyak aja spam…

mulai dari menang lotere, minta bantuan yg aneh2, jualan, dan hal2 aneh lainnya.

walaupun dah di filter sebagai spam , tapi setiap hari ada aja spammer baru.

Kemaren ada spam yang lumayan kocak:

Campur2 tuh… ada yahoo, msn, bahkan google





Semester Pertama di Fasilkom

6 11 2007

Kategori My Course berisi tentang cerita-cerita kuliah di Fasilkom UI.
Kategori ini mungkin bermanfaat untuk siswa-siswi SMA atau juga mahasiswa yang ingin tau tentang perkuliahan di jurusan ilmu komputer. Tapi tentunya siapa saja yang mau baca ya silahkan sekali, semoga bisa menambah informasi. ^^

Di semester pertama, semua mahasiswa fasilkom sudah disediain mata kuliah dalam bentuk paket, total sejumlah 20 sks yang dibagi ke 5 mata kuliah. Mata kuliah yang termasuk mata kuliah wajib/dasar umum adalah MPK-Bahasa Inggris dan MPK Terintegrasi.

MPK Bahasa Inggris sudah jelas yaitu belajar Bahasa Inggris terutama untuk tujuan akademik sedangkan untuk MPK-Terintegrasi adalah campuran antara PKn+B.Indonesia+Sosiologi+Filsafat+Logika,…+… campur-campur lah pokoknya..hehe Bayangkan MPKT itu adalah 6 sks!! setiap pertemuan adalah 2,5 jam.. Pertemuannya berupa diskusi, modul, presentasi.. lumayan sih kalau yang diomongkan adalah hal yang menarik. Tapi, mengingat adanya sistem pembelajaran di UI -CL (Collaborative Learning)+ PBL (Problem Based Learning)- buat mata kuliah ini, jadi sistemnya adalah seperti berikut ini.

Pertama, kita baca modul tentang materi2 yg tertulis dengan bahasa yg membingungkan, perlu pelan2 ngebacanya + diresapi dalam2. Misalnya ttg logika ilmu pengetahuan, kaidah berpikir tepat dan logis, filsafat dan teori kebenaran. (Itu tuh apaan ya?? ^^).
Nah setelah baca modul, trus ada masalah yang harus kita coba pecahkan dengan landasan teori dari modul itu.. masalahnya misalnya UAN, kasus kekerasan IPDN, dll. Dan seringnya tuh susah banget nyambungin materi di modul sama masalahnya (kaya’nya emang kagak nyambung oy..) , harus bisa diakal-akalin deh,,

Terus 3 mata kuliah lainnya itu dah berhubungan sama komputer. Gw copy paste dari file pedoman kurikulum csui:
Read the rest of this entry »