Programming With C Language

23 11 2007

Nah, sekarang mw nyeritain ttg mata kuliah favorit gw di semester ini!!
Kenapa favorit? Karena emang suku ngoding & untungnya udah belajar dari SMA.
Walaupun bahasa yg pertama kali gw pelajari Pascal, tapi ternyata klo udah nguasain suatu bahasa pemrograman ngga terlalu susah migrasi-nya ke bahasa yg lain, asalkan dalam satu keluarga(misalnya bahasa pemrograman yg terstruktur, functional programming, atau dari jenis lainnya(Cobol->bisnis, Fortran->rumus2, dll)). Klo C ini masuk yg keluarga pemrograman terstruktur.

Apa aja yg diajarin di mata kuliah ini? Topik-topik yang udah dibahas sama dosen gw: Pengenalan komputer dan pemrograman. Elemen-elemen dasar bahasa C, termasuk: ekspresi, variabel, statement, method, tipe-tipe data primitif, dan pengenalan konsep struct. Struktur decision: if, switch, ekspresi Boolean. Struktur iterasi: while, for, do, nested loop. Method: parameter passing, static methods, return statement, static variables, recursion, scope, variable lifetime. Testing dan debugging. Searching: linear search, binary search. Sorting: selection sort, merge sort, quick sort. Struktur data sederhana: linked-list, stack, queue.

Setiap minggu ada Tutorial di lab, kita diminta bikin beberapa program yg spesifikasinya dah ditentuin, waktu yg disediain biasanya 2 jam. Sekarang dah Tutorial yg ke-9,,
Salah satu program hasil tutorial(Binary Search):

Trus di satu semester ini ada 4 Tugas, tugas pemrograman/problem solving yg lebih susah dan klo jadi nanti didemoin ke Asisten masing2. Sekarang dah nyampe tugas ke-3, ttg Maze Traversal, Program kaya’ game untuk mencari jalan keluar dari suatu maze/labirin.
Menunggu tugas ke-4…..semoga ngga terlalu susah ^^

Klo Ujian, kemaren udah Ujian yang ke-2..wuih…makin lama makin susah soalnya,, UAS nanti kaya’ apa ya soalnya? Dan ternyata..jadwal UAS udah ada!!
selama 5 hari berturut turut mata kuliah gw ada semua! dari hari Senin-Jum’at!!
Hiks3x.. padahal waktu SMA dulu merasa bakal enak, kuliah nanti ujiannya biasanya 2 hari sekali atau bahkan 3 hari sekali, jadi ada hari yg bisa digunain bwt ngerekap belajar alias sistem kebut sehari…😛
Tapi ternyata skrg sama aja, setiap hari ada jadwalnya. Y udah, minta bantuan do’anya aja ya…


Actions

Information

7 responses

23 11 2007
bungcip

PERTAMAXXX dulu baru komen..🙂

23 11 2007
bungcip

Tugas keempat udah keluar lho…

24 11 2007
Pribadi

wah kayanya seru… ngoding gw juga suka…
tapi kalau cuman bisa ngoding kita cuman jadi kuli doang

26 11 2007
arabesque_op8

huihuiii,,
koding lagii…

disini juga gw cukup bersenang2 dengan kuliah MAT,,karena yg kluar adalah pelajaran2 yang udah gw pelajarin waktu A Level,,
huehehe. Enak ya kalo udah nguasain suatu subjek..
XP

28 11 2007
farisfar

Iya Strid, untungnya dulu gw dah sempet belajar Pascal dikit, malahan kita kn udah bikin soal2..y nggak? he3x
Jadi udah lumayan biasa sama ngoding+sedikit tau jebakan soal2..

4 01 2008
Rian

sory ne nggu…
Bsa bantu aku ga??
aq pusing ne. Gmana caranya ngubah character ke integer n sebaliknya tanpa pake atoi.
Tolong kirimin aku kodingnya yah.
Thanx

13 01 2008
Asfarian_heiiii

ehem…ehem…

wah enak ya yang udah kuliah CS beneran….
gw di ipb masih berhadapan dengan biologi nihh. (hiks….T_T)

btw Riz, kapan kita ngelatih olim di Smansa lagi???
Fikri minat soal-soal tuch, kasih aja soal-soal tingkat Universitas supaya pada expert semua nanti.

see you next time….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: