1000 Buku untuk Tunanetra

19 12 2007

Asyiknya dah beres UAS.. liburan panjang akan ada di depan mata, setelah Baksos (ada penjelasannya dibawah), dan acara MK (Momen Keakraban) Fasilkom yang dilaksanain pas menjelang akhir tahun ini..

Mw cerita dikit ttg program 1000 untuk tuna netra, ini adalah sebuah program dari MitraNetra, yaitu pencarian relawan untuk membantu memproduksi buku braille.

Kenapa butuh relawan? Soalnya jumlah buku yang tersedia bagi tuna netra masih sedikit. Drs Irwan Dwi Kustanto, Wakil Direktur Eksekutif Yayasan Mitra Netra, membenarkan bahwa dari 1.000 judul buku yang terbit, yang bisa diakses oleh penderita tuna netra hanya 10-20 judul. Penulisan dan pengadaan media pembelajaran bagi tuna netra sangat mahal dan ketersediannya pun terbatas.

Proses pembuatannya adalah:

  1. Mengetik naskah buku dalam dokumen “word”
  2. Melakukan penyuntingan (editting)
  3. Mengubah dokumen word menjadi dokumen Braille dengan menggunakan perangkat lunak Mitranetra Braille Converter (MBC) atau perangkat lunak lain sejenis dan memformatnya.
  4. Mencetak dengan menggunakan mesin “embosser” (mesin cetak Braille)

Para relawan bertugas pada poin no.1 (dan seharusnya sekaligus no.2)..

Nah, angkatan saya (mahasiswa fasilkom 2007) telah berusaha menjadi relawan dengan membantu mengetik sebanyak 11 judul buku. Coba deh buka:
http://www.mitranetra.or.id/ebook/index.asp?mnu=3
trus cari di kategori pengetik: “Mahasiswa” dan kemudian tekan submit nanti akan terlihat judul2 buku yang kami ketik..

Kegiatan ini ternyata ringan, karena 11 judul buku tadi dibagi ke satu angkatan (192 orang), jadi per orang bertugas mengetik 20 halaman. Saya bertugas mengetik buku yang berjudul Gokil:Sebuah kompilasi kedodolan, karena bukunya lucu & bener2 gokil, ngetiknya sambil ketawa2 dan jadi ngga kerasa. 20 halaman pun terselesaikan dalam dua hari..🙂

Kami (Fasilkom 07) melakukan kegiatan ini sebagai kegiatan Bakti Sosial, dan puncaknya bakal ada semacam acara di MetraNetra, yang berlokasi di lebak bulus.

Kegiatan ini cocok banget buat kita yang ingin memberikan kontribusi bagi orang lain, dalam bentuk yg berbeda. Kalau terlalu berat untuk mengetik 1 buku, dibagi-bagi juga aja. Daftar relawannya bisa dilihat disini.

Sedikit info, huruf braille :
Braille

Dan contoh converter dari text ke Braille atau sebaliknya ada di situs ini.

Dalam huruf Braille, nama gw jadi:
.. . . . . . . . .. . ..
. .. . . . . . .
. . .


Actions

Information

10 responses

27 12 2007
toni

waah kayaknya seru yah ngebantuin yayasan mitra netra,,,,,

26 01 2008
Igie

Hi Faris…aku Igie…
aku juga mau donk jadi relawan di Mitra Netra untuk program itu …

28 01 2008
farisfar

O y, kalau tertarik silahkan langsung buka link berikut,
http://www.mitranetra.or.id/ebook/index.asp

2 02 2008
akatsuki 07

Ass.

Ris, nih fajar fasilkom 07
plis gw numpang promosi blog, ok?!

http://akatsukihariini.blogspot.com/

taro di link lw ya! (maksa mode : ON)
hehe3x
makasih ris!
btw nice blog ris. wass.
Kabooor. . . . .

18 05 2008
wieQe has landed in ITS

salam kenal,,

ehm sbenernya beberapa waktu lalu aq dah sempet mbuka2 sitenya mitra Netra,,dan udah ada niatan tuk menyumbang sebuah tulisan seorang diri!!!
tp dikarenakan kesibukan kuliah (baca : males) akirnya stuck di tempat deh…

hehehe

yang ingin kutanyakan, barusan tak coba mbuka sitenya kog gk bisa yaaaahh??
what’s wrong???
niat tulus membantu emang adaaaa aja hambatannya..

kenapa yah dek??

7 06 2008
mustaqim
13 10 2008
anang

di mana saya bisa mendapatkan buku-buku braille.
saya butuh buku-buku tersebut untuk adik saya

3 11 2008
farisfar

Coba saja lihat-lihat di http://www.mitranetra.or.id/library/

Atau sy sarankan bisa juga menggunakan software-software komputer yang mempunyai fasilitas untuk tuna netra, bisa juga bukunya adalah ebook (dalam bentuk softcopy) kemudian dibaca di komputer oleh text to speech ( http://indotts.melsa.net.id/ ).

Jika komputernya menggunakan os windows vista juga sebenarnya bisa memanfaatkan fasilitas Narrator Speech.

Ini beberapa informasi yang mungkin bisa digunakan :
http://www.speakcomputers.com/
http://www.speakcomputers.com/Windows/Vista/Narrator.aspx
http://www.disabled-world.com/artman/publish/speech-recognition.shtml

16 11 2008
1000 buku untuk tuna netra

[…] : Beberapa teman blogger yang juga menulis tentang program 1000 buku untuk tuna netra : Roni,  Faris,  Rabindra,  Didit ,  sofwan, […]

17 11 2008
endah

HEBAAAAAAAAT!!!!!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: