2nd semester @csui

15 04 2008

Udah lama banget ngga ngepost…

Selama 3 Minggu kemaren (Akhir Maret – Awal April), lagi sibuk UTS soalnya.. +
kebetulan banget ada satu minggu yang full dateline tugas.. T.T
Dan yang terakhir, seminggu yang lalu sempet nginep berturut-turut di Fakultas Teknik
buat nyelesain video robot. Buat lomba KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) 2008 divisi berkaki bulan Mei nanti. Videonya itu buat evaluasi tahap seleksi video.. yah, semoga aja lolos🙂

post kali ini khusus buat menuhin request sobat gw..he3x
yaitu cerita tentang mata kuliah apa aja yg ada di semester 2 Fasilkom ini

Yang bobot sksnya dikit dulu deh..

ada MPK Olahraga, dan hoki banget dapet Bulutangkis (yang peminatnya palinhg banyak).
Latihan setiap minggu di Gymnasium, abis latihan pasti maen.. asik lah pokoknya

MPK Agama, materinya lumayan banyak, materi 1 semester di SMA mungkin setara dengan 1 Bab di mata kuliah ini/ Metode pembelajarannya ada diskusi dalam focus group, home group, dan juga presentasi

Trus selanjutnya ada:

Kalkulus 1.. taulah materinya kaya’ apa..
Tapi ada 1 hal yang beda!! Di Kalkulus ini kita ngga melajarin turunan sama integral lho!!
Yang kita pelajarin itu anti-turunan sama anti-integral.. he3x..😛

Fisika 1.. di setengah pertama semester ngebahas tentang Mekanika, di setengah kedua semester ke listrik, magnet, dsb

Tiga yang terakhir:

Matematika Diskret II
Mata kuliah ini lanjutan dari mata kuliah semester lalu, Matematika Diskret I
Materinya seru banget, walaupun cukup butuh logika yang kuat..
Salah satu hal kecil yang dipelajari:
– Gw berani jamin, diantara 8 orang pasti ada paling sedikit 2 orang yang lahir pada hari yang sama
or
– Gw berani jamin, diantara 13 orang, pasti ada paling sedikit 2 orang yang lahir pada bulan yang sama
satu lagi,
– Gw berani jamin, diantara 27 orang pasti ada 2 orang yang namanya dimulai dengan huruf yang sama

Itu disebut dengan Pigeon Hole Principle.. alias Prinsip Kandang Burung Dara..🙂

POK : Pengantar Organisasi Komputer
Mata kuliah ini juga lanjutan dari mata kuliah Pengantar Sistem Digital semester lalu,
yang dipelajari adalah bagaimana suatu perhitungan/proses aritmatika dalam suatu mesin bekerja.
Ada pembahasan tentang bagian-bagian komputer, mikrokontroller, bus, datapath, dll
Dan di akhir-akhir ini, kita diajarkan membuat program bahasa mesin/assembly menggunakan AVR Studio..
lumayan susah nih.. yang pasti ribet tenan..

DPBO : Desain dan Pemrograman Berorientasi Objek
Klo di semester sebelumnya gw belajar bahasa pemrograman yang terstruktur (yaitu bahasa C),
di mata kuliah ini diajarkan paradigma pemrograman yang berorientasi objek (OOP, Object Oriented Programming).
Bahasa yang dipake adalah Java, dan editornya pake BlueJ, Netbeans, sama Scite. (Klo mau pake yang lainnya juga boleh)
Jangan salah, ternyata mahasiswa Fasilkom juga melajari sifat-sifat yang diwariskan orang tua, jenis-jenis keturunan,
dan kita juga disuruh melihara kura-kura!! hahahhaahaa..

Silahkan baca link ini jika tertarik:
http://x0nz.wordpress.com/2008/04/10/met-berkura-kura/
dan http://x0nz.wordpress.com/2008/03/06/semua-tentang-si-kura-kura-mesum/


Actions

Information

5 responses

16 04 2008
Nitya

Berarti ada 7 mata kuliah ya?? wah banyaknya..
Pemrograman Berorientasi object ak jg belajar semester ini. Tapi gak disuruh melihara kura-kura. he2..

16 04 2008
x0nz

wah…
masih ada yang lebih seru lagi ris…
di sini nih…
http://x0nz.wordpress.com/2008/03/06/semua-tentang-si-kura-kura-mesum/#more-27

16 04 2008
asahichan

huahahaha.
gw merasa beruntung tidak mendapatkan kalkulus lagi.😀

oiya ris,,
ntar kalo gw balik ke bogor,,anterin gw keliling2 UI yah.. gw pengen liat2 UI,,
btw,,jalur sepeda yg di UI itu jadi gak sih?

hhahha
_gw.akhirnya.bisa.nyetir.motor.bebek (*kabar gak penting)

16 04 2008
farisfar

@Nitya
iya, totalnya 7 mata kuliah

@x0nz
Kura-kuramu masih sehat Son??🙂

@asahichan
Keliling UI, boleh.. nanti gw anterin..
Jalur sepedanya jadi dong, cuman tinggal di beberapa tempat belum selesai..
Bahkan setiap hari, gw naik sepeda lho.. ^^

21 04 2008
auzi

anti-turunan ama anti-integral?? he..he…
Pelajaran yang paling gw kuasai tuh…
UAS ntar aku belajar anti-Fungsi…

Leave a Reply

