Membuat Game di Microsoft Popfly

23 03 2009

Sebelumnya, Anda harus memiliki Windows Live ID sebagai syarat untuk memasuki situs. Jika Anda sudah memiliki Windows Live ID, buka situs http://www.popfly.com/dan klik Sign In.

Selanjutnya, pilih Menu Create > Game. Akan muncul pop up menu, lalu pilih Start with a template. Untuk kesempatan ini, saya memilih Space Shooter. Di bagian kiri, di bawah tulisan Microsoft Popfly, ada 4 menu utama : Actors, Scenes, Game, dan Play.

Actors adalah menu untuk mengatur actor-actor yang ada di game. Scenes adalah menu untuk mengatur urutan-urutan scene/cerita di game. Game adalah menu untuk konfigurasi game dan Play adalah menu untuk mencoba game.

Misalnya kita memilih Actors, lalu memilih Smooth Spaceship, maka akan ada 4 menu yang bisa kita pilih (Ada di bawah tulisan : Smooth Spaceship (Default)), yaitu Appearance, Behaviors, Properties, dan Export. Jika kita klik Appearance maka akan muncul pop up menu baru. Kita bisa mengatur warnanya, menambahkan tulisan atau menambahkan gambar baru. Mode editing ini ada 2, mode XAML code (Menu : Switch to XAML) atau mode visual (Switch to Design).

Untuk mengganti background,  pilih Menu Utama Scenes, lalu di bagian kanan atas pilih Intro. Setelah itu, di menu yang ada di dalam pilih Background dan pilih background baru yang kamu suka.. Sebenarnya jika kita tau nama file gambar yang sudah disediakan, kita tinggal mengganti nama Space menjadi nama file Background yang kita inginkan tersebut..
<Canvas xmlns=”http://schemas.microsoft.com/client/2007&#8243; Width=”672″ Height=”502″>
<Image Source=”/GameCreator/Actors/Background/Space.jpg”/>
</Canvas>
(Melihat code pada bagian Menu Utama Actors > Background, dan dengan memilih menu Switch to XAML)

Selanjutnya kita akan mengganti tulisan yang ada di game ini. Klik saja tulisannya lalu tinggal kita ganti di Text Input Box yang ada di bawah tombol Items dan Properties (di bagian kanan).

Pada template game Space shooter, pesawat kita hanya bisa bergerak ke kanan dan ke kiri, karena itu kita akan menambahkan fungsi sehingga pesawat kita bisa bergerak ke atas dan ke bawah. Pilih menu Actors > Rugged Spaceship > Behaviours. Pilih Motion.

Buat Motion baru, lalu ganti nama Motion1 menjadi MoveUp. Di bagian Event Pilih Keyboard dan pilih While Down lalu pilih tombol Up pada gambar keyboard. Di bagian Motion pilih Up ke arah Utara (N) lalu pada bagian Continue Moving pilih While Receiving Event. Ganti MaxSpeed menjadi 200. Di bagian Code lihat codenya akan menjadi:
var moveAccelerationToApplyY = this.GetValue(“YDrag”) * -200;
this.SetValue(“YAcceleration”, this.GetValue(“YAcceleration”) +  moveAccelerationToApplyY);

Untuk membuat MoveDown kita bisa langsung mengcopy paste code tersebut dan ganti -200 menjadi 200, tentunya dengan terlebih dahulu membuat Motion MoveDown.

Menu Utama Game digunakan untuk pengaturan score dan propertinya (Untuk game ini, highest score is better).

Aplikasi yang sedang dibuat bisa di coba kapan saja. Tinggal klik menu Play, sambil bermain juga bisa sambil mengetahui event-event yang sedang terjadi (ada di bagian kiri).

Jika sudah merasa puas, Share aplikasi yang telah Anda buat dan semoga bisa menarik banyak orang..🙂

Game Space Shooter hasil editan saya : popfly.com/users/387944/Space Shooter Edited


Actions

Information

2 responses

24 03 2009
Fu

Hehehee.. mantaabb
Tapi kenapa pasti pilih Space Shooter yah..

27 03 2009
farisfar

Soalnya itu keliatannya yang paling gampang.. he3x..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: