Round1 Project Hoshimi 2008

16 01 2008

Beberapa hari yang lalu saya lagi sibuk mainin Project Hoshimi 2008
Project Hoshimi adalah salah satu kategori yang dilombakan dalam Imagine Cup, tentang game strategi…
Dan Imagine Cup adalah World’s Premier Student Technology Competition
Keterangan lengkap Imagine Cup & kategori yang dilombakan bisa dilihat di:
http://imaginecup.com/About/WhatIs.aspx

Persiapan buat mainnya ternyata lebih lama dibandingkan waktu saya maininnya,
Untuk bisa main 1,5 hari butuh persiapan 1,5 hari juga!
Dimulai dari hari Jum’at, pertama2 saya download SDK(Software Development Kit)-nya + .NET Framework(perlu di install buat game ini)
trus pas diinstall di komputer kosan, error waktu install .NET Framework, pesannya :
BITS must be enabled before you start the installation process

Karena saya ngga tau & di dialog box errornya ngga disebutin BITS itu singkatan dari apa, saya cari di Help and Support Windows,
dan ternyata ngga ada..(mungkin bener kata sebagian orang klo help & support-nya kurang lengkap..:P)
Besoknya saya cari di internet ternyata BITS itu Background Intelligent Transfer Service yg bisa diaktifin
hanya dengan run: service.msc trus harus di aktifin juga service lain yg berhubungan di BITS (dependencies) yaitu Remote Procedure Call.
Trus balik lg ke kosan deh
Cuman gitu doang ngabisin satu hari 😛

Tapi ternyata..pas mau install lagi, installer .NET Framework 3.0 yang saya download itu tipe installer yang proses instalasinya butuh koneksi internet,
karena kosan saya ngga ada koneksi internet, dan waktu itu udah malem, terpaksa harus nunggu besok buat ke warnet lagi.
Besoknya saya ke warnet lagi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dingiinkan saya coba dulu install di komputer warnet,
Sialnya komputer di warnet ini overprotected! yang bisa install cuma admin, install ke drive D aja ngga bisa..

Jadi, hiks2x…usaha terakhir yang harus dilakukan:
Download Full Installer .NET Framework 3.0 sebesar 51 MB!
Masalahnya ini di warnet, klo di lab fasilkom sih 51 MB bisa cuma 1-2 menit.
Tapi di warnet, yg download-ratenya paling gede 20kb-an dan mending klo stabil, sering banget down sampe cuma 7-8 kb/detik!
Dengan kesabaran..setelah hampir dua jam selesai juga 51 mb..
Dan akhirnya bisa juga SDK Project Hoshimi dijalanin di komputer gw 🙂
Malem itu juga langsung gw coba dulu tutorialnya (total ada 8 misi) yang susah tentunya misi yang terakhir: Map Korea
Setelah nyelesaiin semua tutorial langsung mainin round 1-nya, tapi lho? kok lebih gampang dibandingin tutorial yang terakhir..
Score yang harus dicapai cuma 300..
Dan besok paginya, saya berusaha ningkatin strategi dalam Map Round1,
dan akhirnya bisa dapet skor maksimalnya deh, yaitu 2700 pts.

Tinggal submit score deh buat lolos Round1
Semua langkah dah complete


Setelah submit score, alhamdulillah masuk peringkat 5 (tapi peringkat 5-nya juga banyakan)
Sementara ini(16 Jan), standing yang dari negara Indonesia yaitu:

Rank Country Team Score
3 ID Tanpa Nama 4305
5 ID Naya Corath 2700
5 ID oXyPoint (My Team) 2700
47 ID A2 2500
71 ID TRUI 2270
82 ID Kamen Rider 2060
94 ID Meidianto 1825
105 ID archipelago 1520
122 ID RG 1105
176 ID HaPoTech 520
187 ID Ganbate Kudasai 500
187 ID lonegunman 500
187 ID Pandawa 500
207 ID Tweety 405
210 ID t_boxs 365
219 ID lala 320
227 ID Awan 300
227 ID deni 300
227 ID Dua Bujang 300
227 ID MabaJago 300
227 ID STMIK-MDP Library OnE 300

Ternyata yang dari Indonesia ada 21 tim yang submit dari total 288 tim yang dah submit
Dan Round1 berakhir tanggal 1 Februari alias 15 hari lagi.

Jadi, buat yang mau ikutan masih bisa. Daftar di
http://imaginecup.com dan download installer Project Hoshimi di http://project-hoshimi.com


Actions

Information

2 responses

8 07 2008
mauikutprojecthoshimijuga

Kalo sekarang masi bole ga ya?

8 07 2008
farisfar

Untuk tahun ini pemenangnya udah ada,
ini adalah daftar pemenangnya:

Project Hoshimi Programming Battle
Argentina : Chemical Brothers
China : Zephyr
Czech Republic : Gold Fusion
Czech Republic : OrangeEvilMouse
Russia : RedDevils
Ukraine : Dream Team

Sayang tahun depan (2009) katanya PH Competition ini ditiadakan,
tapi kita tunggu saja kabar pastinya..

Situs resmi Imagine Cup: http://imaginecup.com/

Leave a comment